Kamis, 11 Januari 2018

Mengenal Bagian-bagian Gitar Akustik Dan Elektrik

 Sebelum mulai belajar bermain gitar, alangkah baiknya kita harus tau terlebih dahulu bagian-bagian gitar beserta fungsinya. Ibarat mau cari pacar kita pasti akan berkenalan terlebih dahulu kemudian ngobrol bareng orang yang kita suka tersebut untuk mengenalnya lebih jauh lagi. Sama halnya dengan bermain gitar, kita harus tau nama-nama bagian gitar dan juga fungsinya.

 Gitar dibagi menjadi dua jenis yaitu Gitar Akustik dan Gitar Elektrik. Cara memainkan kedua jenis gitar tersebut sama saja meskipun pada saat memainkan ada beberapa teknik yang hanya bisa dipakai pada gitar elektrik dan tidak bisa dipakai pada gitar akustik. Begitu pun sebaliknya.

 Untuk lebih jelasnya simak gambar dan penjelasan dibawah ini :

30str.blogspot.com
Bagian-bagian gitar
 Pada gambar diatas sebelah kiri adalah gitar akustik dan kanan adalah gitar elektrik. Perbedaan kedua gitar tersebut adalah dari sumber bunyi yang dihasilkan. Jika gitar akustik sumber bunyinya berasal dari tabung resonansi, maka gitar elektrik bunyinya berasal dari alat yang disebut dengan pickups sebagai sumber bunyi.
  Berikut ini penjelasan detail dari bagian-bagian gitar akustik dan elektrik pada gambar diatas.

  1. Headstock, merupakan bagian tempat Tuning Machine atau Tuner gitar. Serta tempat dimana biasanya terdapat logo merk gitar tersebut. 
  2. Tuning Machine/Tuner, yaitu alat yang berfungsi untuk mengatur ketegangan tensi senar gitar. Nama lainnya sering disebut sebagai Tuning Pegs, Tuning Keys, dan Tuning Gears.  Ada enam buah tuner untuk gitar atau menyesuaikan jumlah senar yang terdapat pada gitar tersebut. Cara menggunakannya yaitu jika senar sudah terpasang dengan benar maka kita tinggal memutar tuner untuk mengencangkan senar atau mengendurkan senar. Semakin kencang tensi dari senar gitar maka nada yang dihasilkan akan semakin tinggi. Sebaliknya, semakin kendur maka nada yang dihasilkan akan semakin rendah. Untuk itu pada saat kita menyetem gitar, alangkah baiknya kita lakukan dengan hati-hati untuk menghindari senar putus. 
  3. Nut, yaitu alat penahan senar agar tetap pada posisinya dan tidak berubah atau bergeser ketika senar dipetik. Nut gitar biasanya dibuat dari bahan gading atau plastik. 
  4. Senar, yaitu bagian penting dari gitar yang terbuat dari bahan baja ( khususnya untuk gitar elektrik ) dan nilon ( untuk gitar akustik/klasik ). Pada umumnya baik gitar akustik atau elektrik memiliki enam senar dan ada juga yang menggunakan duabelas senar. Ukuran senar juga bervariasi sehingga menghasilkan nada yang berbeda. Serta memiliki ukuran yang berurutan mulai dari yang paling kecil dibagian bawah atau senar nomor 1 sampai senar yang paling besar dibagian atas atau senar nomor 6. Untuk menyetem masing-masing senar gitar pun harus dengan benar karena jika salah menyetem atau memasang senar maka gitaris sehebat apapun tidak bisa menghasilkan suara gitar yang bagus. 
  5. Neck, atau leher gitar yaitu bagian yang berukuran panjang terbuat dari kayu yang menghubungkan antara headstock dengan body gitar. Selain itu neck gitar merupakan tempat untuk meletakkan bagian-bagian gitar yang lain seperti trussrod dan fretboard. 
  6. Fingerboard/Fretboard, adalah tempat dimana kita meletakka jari kita untuk menekan senar agar menghasilkan sebuah chord ataupun nada yang kita inginkan. Bahan dari fretboard biasanya dibuat dari kayu sonokeling atau rosewood. Fretboard merupakan tempat dipasangnya Fret Wire. 
  7. Fret Wire, yaitu sebuah kawat logam tipis yang dipasang tegak lurus pada fretboard. Fungsinya untuk menaikkan atau menurunkan nada senar dengan cara menekan senar pada fret tertentu. Jarak antar fret wire juga berbeda-beda biasanya jarak antar fret wire yaitu 1 mm. Jarak fret wire paling atas dengan nut yaitu sekitar 30 mm atau 3 cm. Kemudian jarak antar fret wire pertama dan kedua dikurangi 1 mm dari jarak fret wire pertama dengan nut yaitu 29 mm atau 2,9 cm begitu seterusnya sampai fret yang paling bawah. 
  8. Strap Pin, yaitu alat yang terbuat dari logam sebagai tempat untuk memasang tali sandang atau tali pengikat gitar. Sehingga memudahkan kita pada saat memainkan gitar pada posisi berdiri. Gitar elektrik memiliki dua buah strap pin. Sedangkan gitar akustik terkadang hanya memiliki satu strap pin saja dibagian samping belakang body gitar. Biasanya salah satu ujung tali gitar diikatkan pada bagian headstock. 
  9. Sound Hole/Lubang Resonansi, yaitu lubang berbentuk lingkaran atau bisa juga dibuat dengan variasi bentuk lain yang terdapat pada bagian body gitar akustik. Fungsinya yaitu untuk meneruskan bunyi yang dihasilkan oleh senar gitar menuju ke tabung resonansi atau body gitar akustik. 
  10. Pickups, yaitu bagian dari gitar elektrik yang berfungsi sebagai sumber bunyi. Bagian ini mengubah getaran suara yang dihasilkan senar menjadi sinyal listrik kemudian sinyal listrik tersebut diteruskan menuju amplifier. Prinsip kerja dari pickups ini sama dengan mikrofon. 
  11. Bridge, yaitu bagian gitar yang terbuat dari plat logam ( untuk gitar elektrik) atau kayu sonokeling atau rosewood ( untuk gitar akustik ) yang berfungsi untuk menghubungkan senar dari body gitar ke bagian tuner. 
  12. Body Gitar, yaitu bagian yang berfungsi sebagai tabung resonansi untuk gitar akustik yang berupa sebuah ruang suara untuk memperkuat suara yang dihasilkan oleh senar gitar. Sedangkan pada gitar elektrik body gitar berfungsi sebagai tempat pickups dan volume control dan untuk memperindah bentuk dari gitar elektrik itu sendiri. 
  13. Pickups Selector Switch, yaitu saklar yang berfungsi untuk menentukan pickups mana yang ingin digunakan. Bagian ini hanya terdapat pada gitar elektrik saja. 
  14. Volume Control dan Tune Control, yaitu tombol yang berfungsi untuk mengatur besar kecilnya suara gitar serta frekuensi bass dan treble-nya. Pada gitar akustik elektrik biasanya alat ini dipasang pada bagian samping atas body gitar. 
 Itulah bagian-bagian gitar akustik dan elektrik beserta fungsinya. Dengan memahami bagian gitar serta fungsinya, diharapkan kita akan lebih mudah mempelajari fungsi bagian tersebut sehingga memudahkan kita ketika bermain gitar. 
Protected by Copyscape Online Plagiarism Detector

Tidak ada komentar:

Posting Komentar